Senin, 16 September 2013

BAB 1 PERANGKAT LUNAK SEBAGAI PRODUK

1.Rekayasa Perangkat Lunak dilatarbelakangi adanya kebutuhan dari manusia dengn tuntutannya disamping dengan adanya perkembangan hardware dan software yang ada semakin meningkat
2. Krisis Perangkat Lunak yang dipengaruhi dari berbagai pihak engineer dengan latar belakang disiplin ilmu masing-masing membuat pengaruh yang besar terhadap perkembangan perangkat lunak. Hal ini membuat pengaruh besar terhadap perkembangan perangkat lunak. Hal ini membuat leinginan dipengaruhi oleh sisi pandang dari pihak developer, sponsor dan pengguna.
3. Rekaya Perangkat Lunak ( RPL ) juga merupakan pendekatan sistematis dan matematis untuk membangun , memlihara dan mengenyahkan perangkat lunak. Dari cara pandang lain, RPL adalah pendekatan sistematis untuk merekayasa perangkat lunak yang handal / bermutu, tepat waktu dan dengan biaya yang optimal.
4. Produk Perangkat Lunak mempunyai beberapa kategori yaitu sistem real time , bisinis , teknik dan ilmu pengetahuan, emmbeded system dan komputer personal
5. Dalam Rekayasa Perangkat Lunak perlu dituju ke arah tercapainya Produk Perangkat Lunak yang bermutu. Dan ini dipengaruhi oleh 3 pihak yaitu Pihak Sponsor, Developer dan user/pengguna
6. Menurut Ian Sommerville, karakteristik Perangkat Lunak adalah Mantanability (dapat dirawat), Dependability, Efisiensi, Usablity
7. Sekarang ini, kebanyakan kaum profesional yang memiliki banyak pengetahuan berbagai mitos di bidang ilmu yang digelutinya , sikap yang salah menyebabkan masalah yang serius bagi manajer serta masyarakat teknisi. Tetapi sikap lama tersebut memang sangat sulit diubah, dan sisa-sisa mitos perangkat lunak masih tetap dipercaya.
8. Dalam rekaya perangkat lunak umumnya ada beberapa kegiatan yang senantiasa ada pada model proses apapun meliputi : identifikasi kebutuhan , desain , pengkodean , penerapan , dan pemeliharaan
9. Beberapa faktor yang melatarbelakangi munculnya RPL :
a. kemajuan pesat perangkat keras
b. kemajuan dalam teknik-teknik pembuatan perangkat lunak
c. tuntutan yang lebih tinggi terhdap jumlah perangkat lunak
d. tuntutan yang lebih tinggi terhadap mutu perangkat lunak
e. meningkatnya peran pemeliharaan
10. Pihak-pihak yang mempengaruhi mutu perangkat lunak :
a. Sponsor
b. User
c. Developer
11. Mitos Perangkat Lunak
a. Mitos Manajemen
b. Mitos Pelanggan
c.Mitos para praktisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar